Normal Mode
Responsive Mode

Harap Tunggu Proses Memuat Konten Halaman


Sabtu, 07 Desember 2013

Microsoft Excel merupakan aplikasi untuk mengolah data secara otomatis yang dapat berupa perhitungan dasar, rumus, pemakaian fungsi-fungsi, pengolahan data dan tabel, pembuatan grafik dan menajemen data.

Pemakaian rumus sendiri dapat berupa penambahan, pengurangan, perkalian dan lain sebagainya. Sedangkan pemakaian fungsi-fungsi dapat berupa pemakaian rumus yang bertujuan untuk menghitung dalam bentuk rumus matematika maupun non matematika.


Microsoft Excel dapat juga digunakan untuk menyelesaikan berbagai keperluan administrasi, dari yang sederhana sampai dengan yang rumit. Pada pemakaian keperluan yang sederhana tersebut misalkan untuk membuat perencanaan kebutuhan suatu perusahaan, berupa perencanaan barang kebutuhan, jumlah maupun harganya.

Sampai saat ini Microsoft excel sudah sampai pada versi 2013, sedangkan saya sendiri masih menggunakan versi 2007. Yah meskipun berbeda versi tetapi fungsi tetap sama, hanya dibedakan fitur yang pasti lebih baik dibanding versi terdahulu.

Pada Microsoft excel kita bekerja dengan system workbook, sedangkan di dalam workbook terdapat worksheet atau lembar kerja. Pada worksheet ini kita bekerja dengan menggunakan kolom dan baris yang membentuk kotakan kecil-kecil berupa sel-sel tempat kita memasukkan data.
Fungsi

1. Fungsi Max
Fungsi ini dapat digunakan untuk mencari nilai tertinggi dalam sekumpulan data yang telah kita buat. Cara menggunakan fungsi ini adalah dengan =max(number1,number2,number3,...)

2. Fungsi Min
Fungsi yang digunakan untuk mencari nilai paling rendah dari sekumpulan data yang telah kita buas, cara penulisannya adalah sebagai berikut: =min(number1,number2,number3,...)

3. Fungsi count
Fungsi count digunakan untuk menjumlahkan semua data yang kita pilih dalam range

4. Fungsi Average
Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari sekumpulan data yang kita pilih. Cara menggunakan fungsi ini adalah dengan =average(number1,number2,number3,...)

5. Fungsi sum
Fungsi sum digunakan untuk menjumlah semua data yang kita pilih, cara penulisannya adalah =sum(number1,number2,number3,...)

Mungkin hanya itu saja fungsi yang sering digunakan dalam microsoft excel, meskipun sebenarnya masih ada lagi fungsi-fungsi yang lain namun jika anda sudah bisa mempraktekkan kelima fungsi diatas maka itu sudah bagus. Sekian dan terimakasih telah membaca.

Perihal: Diterbitkan oleh: pada pukul 18.30 WIB

Baca Pula Artikel Terkait Dalam Kategori: .

Klik tombol "Like" bila Anda suka dengan artikel ini. Silakan poskan komentar agar saya dapat berkunjung balik ke blog Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain dari blog ini, maka silakan klik di sini untuk membuka daftar isi. Harap menyertakan http://e-soetisna.blogspot.com/2013/12/microsoft-excel.html dan atau mencantumkan tautan untuk artikel ini bila Anda menyalin sebagian dan atau keseluruhan isinya. Terimakasih.