Normal Mode
Responsive Mode

Harap Tunggu Proses Memuat Konten Halaman


Rabu, 29 Mei 2013

Tips Mudah Belajar Gitar Dari 0- Gitar adalah sebuah alat musik berdawai yang dimainkan dengan cara dipetik, umumnya menggunakan jari maupun plektrum . Siapa yang belum kenal gitar? hampir semua masyarakat tahu alat musik ini. Alat musik yang mempunyai 6 senar utamanya ini sangat populer di telinga orang-orang karena hampir semua musik bisa dimainkan dengan gitar, seperti memainkan lagu, mengiringi lagu, dll.




Bagaimana supaya jago main gitar?
Saya diperkenalkan gitar oleh ayah saya, ya kira-kira sekitar kelas 5 SD. Dari situ saya mulai belajar memainkan gitar sendiri, meskipun susah tapi latihan rutin yang menjadi modal saya untuk belajar gitar, dan akhirnya tidak perlu waktu berbulan-bulan saya sudah bisa mengiringi lagu, meskipun sedikit saja yang bisa saya iringi, tapi disitu saya puas dengan latihan rutin saya bisa membuahkan hasil. Dan sampai saat ini saya selalu menggeluti dunia gitar, mencoba hal-hal baru, dan kini saya sedang belajar di bidang fingerstyle.

Itu cerita singkat saya. Lalu apa saja tips-tips nya? disini saya akan berikan tips-tips saya buat para pemula gitar dalam belajar gitar. Tips-tips ini merupakan menurut pengalaman yang saya alami. Jadi, akan berbeda kalau anda belajar di kursus-kursus gitar.
Selamat belajar




1. Pelajari Nada

    Nada adalah unsur utama dalam musik. untuk nada dasar seperti doremifasolasido, pasti sudah banyak yang tahu, minimal anda bisa tahu dan hafal suara nada tersebut. Kalau anda mempelajari nada-nada tingkat lanjut akan lebih baik kedepannya, tapi saya tidak merekomendasikan. Itu terserah anda saja. Kita disini mulai dari yang dasar-dasar saja dulu.

2. Pelajari Kunci dasar


Gambar diatas adalah kunci-kunci dasar. Kunci dasar ada A,B,C,D,E,F,dan G. mungkin anda bingung membaca gambar tersebut. akan saya jelaskan


Nah dengan gambar ini, akan saya jelaskan. perhatikan tanda nomornya
no1. adalah untuk jari telunjuk
no2. adalah untuk jari tengah
no3. adalah untuk jari manis
no4. adalah untuk jari kelingking
  untuk angka satu yang berada diatas, maksudnya adalah nomor satu dihitung dari fret paling ujung.
     Untuk kunci F dan B ada kunci yang tebal/panjang, itu berarti satu jari untuk menutup senar lebih dari satu.
   Sampai disini anda bisa menghafal dan mencobanya, coba untuk berpindah-pindah ke lain kunci agar jari bisa terbiasa. Anda juga bisa memainkan sedikit lagu. Jika jari anda terasa sakit jangan dipaksakan, karena jari belum terbiasa.


3. Pelajari Kunci tingkat lanjut

Kunci tingkat lanjut ada kunci #, b(mol), minor, dll. Dan masih ada lagi yaitu kunci tegak, tapi kita belajar tingkatan yang dasar-dasar dulu. Anda bisa mencari di google, saya berikan contohnya. Untuk membacanya sama dengan tips kedua. 


keterangan :
A adalah kunci A mayor
Am adalah kunci A minor
begitu juga berikutnya

4. Latihan dengan Lagu

   Sampai tahap ini anda harus sudah hafal kunci-kuncinya, minimal hafal kunci mayor dan minor. Ada banyak situs penyedia chord lagu,
Anda bisa memilih lagu-lagu yang mudah dulu, kalau sudah terbiasa, anda bisa memainkan lagu yang lebih energik dan lebih mengandung banyak kunci.

5. Latihan Teratur

    Ini yang menjadi modal terbesar. Seberapa besar pengetahuan tentang gitar, tapi tidak pernah latihan juga tidak bakalan bisa. Tapi, jika kita sering latihan dan mencoba hal-hal baru meskipun ilmunya pas-pasan, perlahan kita akan tahu dan mendapatkan banyak ilmu. Saya sendiri mengalaminya, meskipun belajar sendiri, tapi dengan modal latihan teratur, akhirnya bisa juga.

--Nah, itulah tips yang saya berikan, maaf, kalo saya belum bisa buatkan video tutorialnya, semoga bisa membantu anda dalam belajar gitar. Jika anda mengalami kesulitan silahkan bertanya, insyaallah saya akan menjawab. Sebenarnya masih ada lagi jenis gitar selain akustik yaitu melodi, akan bahas gitar melodi di segmen-segmen berikutnya.

Sekian tulisan ini saya buat. Jika ada kesalahan didalam tulisan ini silahkan beri komentar. Dan jika anda suka silahkan anda bagikan agar bisa membantu semua bermain gitar.







Perihal: Diterbitkan oleh: pada pukul 02.42 WIB

Baca Pula Artikel Terkait Dalam Kategori: .

Klik tombol "Like" bila Anda suka dengan artikel ini. Silakan poskan komentar agar saya dapat berkunjung balik ke blog Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain dari blog ini, maka silakan klik di sini untuk membuka daftar isi. Harap menyertakan http://e-soetisna.blogspot.com/2013/05/tips-mudah-belajar-gitar-dari-nol.html dan atau mencantumkan tautan untuk artikel ini bila Anda menyalin sebagian dan atau keseluruhan isinya. Terimakasih.