Normal Mode
Responsive Mode

Harap Tunggu Proses Memuat Konten Halaman


Rabu, 11 Desember 2013

Pengertian Google Panda dan Google Penguin - Google merupakan pemimpin dan pioneer dalam hal pencarian di internet. Dalam beberapa tahun terakhir Google berhasil menguasai sekitar 2/3 saham dalam dunia internet dan terus memaksimalkan kecerdasan mesin pencarinya, Sebagai contoh, baru beberapa bulan google mengupdate algoritma google Panda lama setelah itu sekitar 3 bulan kemudian kembali google mengupdate yang namanya google penguin. Google Panda saja sudah cukup ditakuti oleh pengelola situs, dan di tambah lagi update google penguin sekitar akhir April kemaren. Banyak situs yang terkena efek dari update google panda dan penguin ini.


Nah, kira-kira apaan sih Panda dan penguin itu? Mengapa harus ada google panda dan penguin? Dan bagaimana cara kerja mereka hingga berpengaruh besar terhadap SERP (search engine result page) sebuah situs? Disini saya akan menjelaskan sedikit apa yang dimaksud dengan google panda dan penguin tersebut, yang saya sarikan dari berbagai sumber. Mungkin bagi sebagian sobat blogger pemula masih bingung, karena itulah kita wajib mengetahui istilah ini.

Google Panda dan google penguin di luncurkan google dalam hal ini bertujuan dalam rangka mengoptimalisai mesin pencari mereka. Karena banyak keluhan yang disampaikan pengguna google search, mengapa setiap mereka mencari artikel tertentu yang muncul di halaman pertama adalah justru situs-situs spam yang tidak menampilkan artikel yang diinginkan. Banyak situs-situs yang memanfaatkan kelemahan google search sehingga mereka menggunakan teknik Black HAT SEO dalam mengoptimasi situsnya. Nah disinilah maka google terus-menerus mengupdate teknik algoritma mesin pencarinya termasuk panda dan penguin yang jaraknya hanya sekitar 3 bulan.

Tentang Google Panda

Google Panda adalah Algoritma terbaru mesin pencari google tahun 2010 akhir atau awal tahun 2011, setelah sebelumnya google melakukan update algoritma pencarian dengan nama "Google Caffeine". Penyebab google melakukan update ke Google Panda adalah karena Google Caffeine belum memberikan hasil pencarian (search google) yang baik terhadap situs-situs supaya tampil diposisi utama SERP, sehingga di awal tahun 2011 Google melakukan update algoritma search engine dengan maksud hasilnya bisa lebih baik. Sekitar 12% situs-situs besar di dunia telah terkena dampak Google Panda ini.

Banyak dari situs-situs tersebut terlempar dari halaman pertama pencarian google. Selama masa periode itu Google terus memperbaiki kinerja Panda nya sebanyak 12 kali hingga 20 April 2012. Buat sobat yang mungkin postingannya pernah berada di halaman pertama namun sudah hilang terlempar hingga halaman kesekian bisa jadi terkena dampak google Panda ini.

Mengenai Google Penguin

Google Penguin adalah lanjutan dari update google panda sebelumnya. Diperkenalkan pada tanggal 24 April 2012. Sekali lagi, itu ditujukan untuk menghukum situs spam. Sejauh ini, telah berpengaruh sekitar 3% dari situs seluruh dunia.

Dengan beberapa update algoritma google ini, sudah banyak situs-situs yang dihukum sehingga turun peringkatnya di google search, penurunan traffic kunjungan dan turunnya pula pagerank situs / blog mereka. Dan situs-situs yang benar-benar menyajikan konten berkualitas dan orisinal telah merasakan keuntungan dari algoritma google ini.

Bagaimana Cara Menaggulangi Dampak Dari Google Panda dan Google Pinguin?

1. Tulis Konten Dengan Kualitas Tinggi

Kamu harus memberikan apa yang diinginkan oleh mesin pencari google, maka kamu akan mendapatkan peringkat yang lebih olehnya.
2. Hapus Tulisan Yang Berkualitas Rendah / Copas

Coba kamu check arsip blog kamu kemudian kamu hapus postingan-postingan yang mempunyai kualitas rendah atau postingan hasil copas.
3. Fokuskan Ke Kualitas Jika Ingin Mendapatkan Backlink

Cobalah untuk membuat backlink ke blog-blog yang mempunyai reputasi baik dan juga mempunyai pagerank yang sudah tinggi. Satu saja backlink dengan kualitas tinggi bisa senilai 10.000 postingan dengan kualitas yang buruk.
4. Belajar SEO Dasar

Kebanyakan blogger ingin mencari jalan pintas untuk mendapatkan hasil bagus dalam pencarian google. Namun untuk saat ini saya sarankan untuk  tidak usah mencari-cari jalan pintas karena itu akan memperburuk hasil pencarian blog kamu di google.
5. Buat Interlink

Buatlah link ke tulisan-tulisanmu yang terdahulu. Karena itu akan memberikan pengalaman yang baik untuk pembaca blog kamu.
6. Menulislah Untuk Pembaca Bukan Untuk Search Engine

Cobalah untuk lebih fokus pada pembacamu, dan buatlah desain blog yang reader friendly. Ketika kamu menuliskan sesuatu di blogmu cobalah untuk memberikan informasi yang relevan, jangan terlalu banyak mengulangi kata kunci pada setiap postingan blog kamu.
Cobalah untuk membuat tulisan yang berkualitas. Buat pembaca blog kamu senang dengan informasi-informasi yang relevan dengan topik blog kamu. Baru kamu tambahkan sedikit sentuhan SEO agar blog kamu muncul di dalam mesin pencari google.


Perihal: Diterbitkan oleh: pada pukul 18.30 WIB

Baca Pula Artikel Terkait Dalam Kategori: .

Klik tombol "Like" bila Anda suka dengan artikel ini. Silakan poskan komentar agar saya dapat berkunjung balik ke blog Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain dari blog ini, maka silakan klik di sini untuk membuka daftar isi. Harap menyertakan http://e-soetisna.blogspot.com/2013/12/pengertian-google-panda-dan-google.html dan atau mencantumkan tautan untuk artikel ini bila Anda menyalin sebagian dan atau keseluruhan isinya. Terimakasih.