Minggu, 02 Februari 2014

Perangkat Pendukung Workstation dan Network Interface Card (NIC)

Untuk membangun sebuah jaringan, ada beberapa peralatan pendukung yang harus disediakan, berikut beberapa diantaranya:

1. Terminal (Client/Workstation)

terminal sendiri bisa terbagi menjadi menjadi beberapa macam:
Dump-terminal, dalam bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai terminal bodoh yaitu Terminal (Client/Workstation) yang hanya merupakan suatu peralatan yang terdiri dari monitor dan keyboard. pada terminal tidak terdapat alat pemrosesan data atau CPU.
Intelligent-terminal, merupakan terminal selain berfungsi sebagai input/output device, terminal ini juga memiliki kemampuan untuk melakukan pemrosesan data yang dimilikinya. dalam hal ini yang dijadikan sebagai terminal adalah sebuah Personal Computer atau PC.


2. Host atau Server

merupakan suatu alat yang berfungsi sebagai pengendali utama dari suatu jaringan dimana semua proses pengolahan data berlangsung. pada umumnya, host merupakan komputer mainframe, mini ataupun Personal Computer (PC) yang mempunyai kapasitas memory yang lebih besar jika dibanding dengan terminal.

3. Hubungan (Link)

Workstation dan Server tidak dapat berfungsi apabila peralatan tersebut secara fisik tidak saling berhubungan. Hubungan tersebut dalam Local Area Network (LAN) dikenal sebagai media transmisi yang umumnya berupa kabel, untuk mengetahui detail dari media transmisi ini bisa baca diposting "Media Transmisi Data". Disamping itu terdapat peralatan lengkap seperti : Passive Hub, Active Hub, dan Konektor.
Passive Hub merupakan alat yang menghubungkan jalur dari server atau active hub ke workstations. jadi fungsi passive hub yaitu mengalirkan sinyal dan membagi saluran komunikasi dari satu jalur menjadi beberapa jalur.
Active Hub menghubungkan jalur antara server atau active hub itu sendiri dengan server lain, active hub lain, pasive hub, atau work station.
Fungsi active hub ada tiga, yaitu :

  1. Mengalirkan sinyal
  2. Menguatkan sinyal
  3. Membagi saluran dari satu jalur menjadi beberapa jalur.

4. Network Interface Card (NIC)

Suatu work station tidak terhubung secara langsung dengan kabel, tapi melalui suatu rangkaian elektronika yang dirancang khusus untuk menangani network protokol yang terhubung dengan hardware. Rangkaian inilah yang disebut dengan Network Interface Card (NIC) atau Network Controller. Network Controller ini berbeda-beda untuk setiap jenis LAN, tetapi memang ada controller yang rangkainnya dirancang sedemikian rupa sehingga dapat digunakan untuk lebih dari satu jenil LAN.

5. Software Network

Software ini sangat penting dan mutlak, karena tanpa software maka jaringan tersebut tidak akan berfungsi sehingga workstation dan server tidak dapat bekerja sebagaimana yang dikehendaki. Software ini juga memungkinkan sistem komputer yang satu berkomunikasi dengan sistem komputer yang lain. Bagus tidaknya suatu LAN sangat ditentukan oleh bagus tidaknya software yang mengelola jaringan tersebut. Faktor software inilah juga yang menentukan perbedaan antara jenil LAN yang satu dengan LAN yang lain demikian pula fasilitas apa saja yang dapat diperoleh dengan menggunakan LAN sangat ditentukan oleh software tersebut.

6. Software Aplikasi

Software aplikasi untuk LAN hampir sama dengan software untuk sistem single user (stand alone) biasa, seperti pengolahan kata, spreadsheet, database, grafik dan lain-lain. tetapi ada perbedaannya yaitu perangkat lunak untuk LAN harus dari jenis Multiuser. Bila tidak maka file-file yang sedang dibuka oleh salah satu workstation tidak bisa diakses oleh workstation yang lain.

Posting Komentar